--> Skip to main content

cara reproduksi jamur

sering kita temui banyak sekali jenis jamur di sekitar kita baik yang bisa kita konsumsi maupun yang berbahaya bagi kita alangkah baiknya kita juga tau bagaimana cara jamur ber reproduksi. kita pelajari artikel di bawah ini

Umumnya jamur berkembang biak dengan spora. Spora jamur dibedakan atas dua

dua macam, yaitu spora aseksual dan spora seksual. Perbedaan tersebut berdasarkan cara pembelahannya. Para spora aseksual terjadi pembelahan mitosis dan spora seksual terjadi pembelahan meiosis.

Spora seksual berasal dari konjugasi dua hifa / gametangium yang berlainan jenis, kemudian berkembang menjadi suatu bentuk yang menghasilkan spora seksual. Proses diawali dengan meleburnya dinding pembatas dua hifa yang brsinggungan, kemudian sitoplasma dengan inti haploidanya saling melebur sehingga terjadi pembuahan.Hasil pembuhan beruapa zigot secara tumbuh menjadi sporangia.

Pada pembelahan ini dihasilkan spora yang haploid. Fase dalam siklus hidup jamur dibedakan menjadi fase haploid dan fase diploid. Fase haploid berupa miselium dan fase diplod berupa zigot, Kedua fase tersebut terjadi pada jamur bersel tunggal dan bersel banyak.


sumber ;http://thonius.blogspot.com/2008/07/reproduksi-jamur.html

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar