--> Skip to main content

HANACARAKA KONVERSI JAWA - LATIN (HANACARAKA TRANSLATE)

huruf jawa atau yang lebih dikenal dengan nama aksoro jowo itu merupakan peninggalan budaya yang harus dijaga , di lestarikan dan di pelajari. khusunya untuk wilayah jawa bahasa jawa sudah menjadi salah satu mata pelajaran yang harus di pelajari siswa . tapi kebanyakan kesulitan pada waktu penulisan maupun merubah ke bahasa jawa .
http://multiply.com/mu/mimpikiri/image/6/photos/upload/300x300/R0wDWgoKCrAAABfNERU1/Carakan-Rupa-Aksara.gif?et=qMQCfVoPPIeVN5Ph7aVfPA&nmid=69841141
untuk itu Dinas Kebudayaan Propinsi Yogyakarta membuat konversi dengan nama Hanacaraka v 1.0.Konversi Aksara memungkinkan Anda untuk secara cepat mengubah tulisan latin menjadi aksara Jawa. Andapun dapat memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa.
dengan konversi tadi semakin mempermudah kita dalam mempelajari bahasa jawa .

kelebihan konversi ini diantaranya:
1. Aksara Carakan Merupakan 20 aksara pokok yang bersifat silabik (kesukukataan) yang digunakan di dalam ejaan bahasa Jawa.
2. Aksara Swara Yaitu lima buah aksara yang digunakan untuk menuliskan aksara vokal yang menjadi suku kata, terutama yang berasal dari bahasa asing, untuk mempertegas pelafalannya.
3. Angka Jawa Merupakan menu untuk menulis angka-angka dalam aksara Jawa
4. Aksara Murda Aksara murda dipakai untuk menuliskan nama gelar dan nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, dan nama lembagaberbadan hukum.
5. Sandangan Merupakan tanda diakritik yang dipakai sebagai pengubah bunyi di dalam tulisan Jawa. Di dalam tulisan Jawa aksara yang tidak mendapat sandangan diucapkan sebagai gabungan antara konsonan dan vokal a.
6. Pasangan Aksara Pasangan merupakan aksara yang berfungsi untuk menghubungkan suku kata tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya kecuali suku kata yang tertutup wignyan, layar, dan cecak.

Di program ini juga terdapat Soal-soal Latihan Aksara Jawa .
Menu Soal Latihan ini membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda.



Download HANACARAKA v.1.0`


sumber : http://topan.web.id/konversi-jawa-latin/

"luhuring budoyo ngangkat derajate bongso"

"Tut wuri handayani"

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar