--> Skip to main content

Bakteri sakazakii dalam susu formula

Akhir - akhir ini memang sedang maraknya berita tentang adanya kandungan bakteri sakazakii dalam susu formula , namun saat ini masih dalam proses penelitian para ahli memang hal ini sangat meresahkan semua warga khususnya para ibu, karena bakteri jenis ini sangat berbahaya bahkan bisa mengakibatkan hal yang fatal bila seorang bayi mengkomsumsi susu yang mempunyai kandungan bakteri sakazakii.


Dalam penelitian yang Dikutip dari situs Fakultas Pertanian IPB, Enterobacter sakazakii (dibaca: enterobakter sakazaki-ai) merupakan salah satu patogen gram negatif yang sangat mematikan pada bayi baru lahir, usia 0-6 bulan. Sementara bakteri Sakazakii merupakan ancaman bagi bayi berusia 6-12 bulan.

Angka kematian akibat infeksi E. Sakazakii pada bayi baru lahir sangat tinggi sekitar 40-80 persen terutama pada bayi prematur dan bayi dengan imunitas lebih rendah daripada bayi pada umumnya.

Bakteri ini berada di saluran pencernaan dan ditemukan dalam berbagai produk seperti susu formula, keju, daging, biji-bijian hingga bumbu-bumbuan. Bakteri E. sakazakii berkembang optimal pada kisaran suhu 30-40 derajat Celcius. Kontaminasi E. Sakazakii pada susu formula diperkirakan terjadi pada saat proses produksi.

untuk itu diharapkan kepada semua warga khususnya para ibu untuk berhati - hati dalam memilih susu untuk buah hatinya , karena kalau kita sampai salah dalam memilih susu yang mengandung bakteri sakazakii akan merugikan kita dan bayi kita . terus ikuti perkembangan kasus susu formula yang mengandung bakteri sakazakii untuk kepentingan kita semua.

" jangan memilih sesuatu barang dari harga dan merk tapi pilihlah karena kualitas , kuantitas dan tingkat keamanan yang terpercaya"
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar