--> Skip to main content

Gunung Karangetang di Kabupaten Siao Tagulandong Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara Meletus

salah satu gunung teraktif di sulawesi terlihat meluncurkan lava pijar pada Jumat 11 Maret sekira pukul 01.30 Wita. Leleran lava pijar terlihat jelas keluar dari puncak kawah Karangetang.
Petugas pos pengamatan, Yudi mengatakan, terjadi peningkatan di kawah sejak kemarin dengan guguran lava dari kawah utama menuju Kali Pangi, Kali Nanitu, dan Beha Barat dengan jarak luncur 500 sampai 2.000 meter

Tiga desa di Kecamatan Siau Barat Utara masih terisolasi. Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya jembatan penghubung ke daerah ini karena dua jembatan putus total diterjang lahar panas pada letusan pertama.


Pengungsi yang kebanyakan kalangan lanjut usia dan anak-anak diutamakan di lokasi ini, sementara itu bantuan berupa beras, tikar, dan sarung sudah mulai berdatangan.

Pemerintah daerah memastikan, stok makanan bagi para pengungsi masih mencukupi untuk 3 hari mendatang. Saat ini telah didirikan beberapa dapur umum dan pos pelayanan kesehatan untuk para pengungsi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar