--> Skip to main content

Pendidikan Berkarakter Pancasila

Pendidikan berkarakter pancasila - Di era Globalisasi yang kian menjadi pendidikan pancasila saat mendukung dalam membangun moral bangsa lebih dinamis. Hal ini menjadi pencerah dari krisis moral yang melanda indonesia yang belakangan ini menjadi sorotan berbagai media. Pendidikan pancasila menjadi sumber pokok atas semua pendidikan dan menjadi dasar pembentukan watak pada anak didik . watak inilah yang nantinya akan memnbangun generasi muda yang mempunyai moral yang baik.

Dengan moral yang baik maka secara otomatis akan membuat seluruh sifat dan akhlak seseorang akan baik, begitu juga sebaliknya. maka semua itu bedasar dari sebuah pendidikan berkarakter pancasila yang di ajarkan dalam proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan. Hal ini bisa di mulai dari jenjang paling rendah , yaitu Sekolah Dasar ( SD) atau jenjang setingkat karena jejang inilah seorang anak akan mendapat pembelajaran mengenai apa itu pancasila dan apa saja yang ada dalam batang tubuh pancasila yang merupakan dasar hukum bangsa indonesia yang paling utama.

Paling tidak seorang peserta didik yang lulus dari Sekolah dasar harus hafal pancasila dan lebih baik lagi mengerti makna dari isi kelima pancasila. hal ini akan membuat anak didik kita mengerti bagaimana sikap yang baik dalam pergaulan . jangan sampai generasi penerus kita lebih buruk dari sekarang yang akan menjadikan derajat bangsa kita rendah . karena tinggi rendahnya derajat suatu bangsa terletak pada nilai etika , tingkah laku dan moral yang baik. Bukan karena kekayaan suatu negara maupun kakuatan militer yang menjadikan negara itu tinggi derajatnya .

Melalui pendidikan berkarakter pancasila ini kita bangun moral bangsa dan kita jadikan pancasila lebih efisien dalam segala bidang yang tak pernah memandang seluk beluk suatu warga . Karena dalam lambang negara kita burung garuda yang bertuliskan "bhineka tunggal ika" yang berarti bahwa berbeda - beda tapi tetap satu jua .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar