--> Skip to main content

Gunung Sindoro | Aktivitas dan Status Gunung Sindoro Terkini

Gunung Sindoro | Aktivitas dan Status Gunung Sindoro Terkini - Gunung Sindoro merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan ketinggian 3150 m di atas permukaan air laut dekat dengan kota Temanggung . Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Gunung Sindoro mempunyai 2 Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi.

Aktivitas dan Status Gunung Sindoro Terkini mengalami peningkatan bila di bandingkan dengan beberapa hari yang lalu. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bersama Balai Pennyelidikan dan Pengembangan Kegunangapian (BPPTK) telah memasang alat enam alat pemantau Gunung Sindoro.

Keenam jenis alat itu adalah seismograf short periode(3 buah), seismograft broadband(2 buah), tiltmeter(satu buah), electronic distance measurement(EDM) dengan dua reflektor, kamera inframerah (satu buah) dan mini differential optical absorption spectrometer (DOAS) satu buah. pemasangan alat ini akan di serahkan kepada tIm pemantau Setempat.

Dengan di tambahkan alat pemantau ini di harapkan bisa memprediksi dan memantau aktivitas dan menetapkan status Gunung Sindoro dengan detail dan lebih efisien. Warga yang ada di sekitar gunung sindoro juga di harapkan waspada apabila terjadi perubahan Status Gunung Sindoro Terkini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar