--> Skip to main content

Batik Indonesia Sebagai Warisan Budaya

Batik Indonesia sebagai warisan budaya - Indonesia adalah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang tergabung dalam wilayah nusantara. Selain itu Indonesia juga mempunyai beragam adat istiadat, budaya maupun tradisi. Keragaman budaya tersebut tidak membuat selurah rakyat indonesia berselisih bahkan dengan adanya perbedaan terjalin satu kesatuan yang kokoh. Bhineka Tunggal Ika merupakan slogan yang membuat warga indonesia terus bersatu dalam keragaman.

Berbagai macam budaya Indonesia itu merupakan hasil karya dari jerih payah warga Indonesia pada zaman dahulu. Kita sebagai generasi penerus harus bangga dan tetap melestarikan budaya tersebut agar tidak punah dari peradaban dunia. Salah satu budaya yang sudah terkenal hingga mancanegara adalah kain batik. Kain batik merupakan pakain adat dari jawa terutama dari kalangan keraton. Di kalangan keraton Kain batik di jadikan Pakain dalam keseharian di dalam keraton.


Di lihat dari sejarahnya Batik sudah ada di zaman kerajaan majapahit bahkan sebelumnya, hal ini membuktikan bahwa batik menjadi budaya adat turun - temurun yang terjaga kelestariannya. Di lihat dari segi bahasa kata batik terdiri dari du a kata yaitu "Ambar" yang berarti gambar dan "Titik" yang berarti titik. Secara umum batik merupakan lukisan atau gambar yang di rangkai dari Sebuah titik ataupun banyak yang dibuat secera manual maupun menggunakan mesin.

Motif batik yang ada di Indonesia sangat bermacam - macam, biasanya tergantung asal batik tersebut. Misalnya Batik solo mempunyai motif yang halus serta menggambarkan nuangsa wayang maupun nuangsa kerajaan Selain itu ada juga batik pekalongan maupun batik Yogyakarta. Jenis batik Indonesia sangat banyak sekali yang memiliki arti dan makna tersendiri.

Cara pembuatan Batik tidak sulit namum memerlukan kesabaran, ketelatenan dan ketelitian. Sebagai warga solo dulu juga pernah membatik, ternyata sangat sulit kalau tidak terbiasa. Selain panasnya Malam(bahan dasar batik) serta canting kesulitan membatik yaitu pada proses penggambaran kain. Kesalahan titik pada kain batik menyebabkan kerusakan pada motif pada kain tersebut. Pembuatan Satu kain batik memerlukan waktu 1 - 3 hari bahkan sampai satu minggu.


Para pembatik pantas mendapat apresiasi yang besar kerena mereka telah susah payah membatik untuk melestarikan budaya Indonesia walaupun tidak secara langsung. Sebagai generasi penerus kita harus ikut melestarikan batik, walaupun kita tidak bisa membatik namun dengan kita memakai pakaian batik berarti kita ikut menjaga kelestariannya.

Di zaman yang modern ini perkembangan teknologi tidak terbendung lagi bahkan dengan adanya akses Internet membuat pertukaran informasi semakin cepat. Dalam hitungan detik kejadian yang terjadi di penjuru dunia dengan bisa kita ketahui. Melalui Internet sehat dan kebebasan berekspresi di Internet harus kita gunakan untuk mempromosikan atau memberitahukan bahwa Indonesia mempunyai sebuah budaya Indah berwujud kain Batik. Hal ini bisa menarik wisatawan mancanegara.

Batikindonesia.com Merupakan salah satu situs resmi batik terbesar di indonesia yang ikut serta dalam melestarikan budaya Batik melalui toko Onlinenya. Di dalam situs tersebut terdapat berbagai infomasi mengenai batik di Indonesia. Situs tersebut menjual berbagai macam pakaian maupuan kelengkapan rumah tangga dengan motif batik. Batik yang di tawarkan mempunyai kualitas yang bagus sehingga para konsumen tidak kecewa.

Cara pembelian melalui situs tersebut sangat mudah dan terpercaya sehingga anda tidak perlu takut dengan penipuan yang kini sedang marak di Indonesia. Kelestarian budaya Indonesia tergantung kepada generasi penerus saat ini dan kedepannya. Marilah kita jaga budaya kita dari kepunahan peradaban dan klaim bangsa lain.


Tulisan ini di ikutsertakan pada lomba blog entry bertema batik Indonesia, kerjasama blogfam dan www.batikinndonesia.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar