--> Skip to main content

Istilah Asesmen Dalam Pendidikan

Istilah Asesmen Dalam Pendidikan - Dalam pendidikan dikenal dua pengertian tentang penilaian yaitu penilaian dalam arti evaluasi. Penilaian dalam arti asesmen merupakan kegiatan untuk memperoleh infomasi tentang pencapaian dan kemajuan belajar siswa sedangkan penilaian dalam arti evaluasi merupakan kegiatan yang di rancang untuk mengukur keefektifan system pendidikan secara keseluruhan .

Menurut hanna asesmen merupakan kegiatan merupakan kegiatan untuk mengumpulkan informasi hasil belajar siswa yang di peroleh dari berbagai jenis tagihan dan mengolah informasi tersebut untuk menilai hasil belajar dan perkembangan belajar siswa.


Beberapa istilah yang berkaitan dengan asesmen yaitu :

1. Traditional assessment ( Tradisional Asesmen )
Dalam tradisional asesmen ini hanya mengacu pada tes tertulis dan hanya di gunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan satu jenis alat ukur tertulis.
2. Performance Assessment ( Asesmen Kinerja )
Pada asesmen ini menghendaki siswa untuk mendemontrasikan kemampuannya baik pengetahuan atau ketrampilann dalam bentuk kinerja nyata yang di tunjukkan dalam bentuk penyelesaian suatu tugas, bukan hanya menjawab atau memilih jawaban yang sudah tersedia.
3. Authentic Assessment ( Otentik Asesmen )
Dalam asesmen jenis ini siswa di tuntut untuk mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan di luar sekolah .
4. Portfolio Assessment ( asesmen portofolio )
merupakan kumpulan hasil karya siswa yang di susun secara sistematis yang menunjukkan upaya , proses, hasil, dan kemajuan belajar yang di lakukan siswa dari waktu ke waktu.
5. Achievement assessment
Merupakan pengertian umum terhadap semua usaha untuk mengukur , mengetahui, dan mendiskripsikan hasil belajar siswa, baik di lakukan secara tes tertulis, asesmen kinerja, portofolio, dan semua usaha untuk memperoleh informasi hasil dan kemajuan belajar siswa.
6. Alternative assessment ( Asesmen Alternatif )
Merupakan asesmen yang tidak hanya tergantung pada tes tertulis .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar