--> Skip to main content

Cara Instal Aplikasi Pendataan Diknas

Menindaklanjuti  Intruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 2 Tahun 2011  maka seluruh satuan pendidikan diwajibkan untuk melakukan pendataan melalui sistem yang telah disiapkan oleh unit utama (Ditjen Dikdas).
 
Data yang dikirimkan ke dalam sistem ini akan digunakan untuk seluruh penyusunan program pendidikan baik itu bantuan, hibah, tunjangan, subsidi dan lain-lain. Data yang bersifat individual merupakan prasyarat penyaluran dana untuk kegiatan transaksional kemedikbud dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota maupun satuan pendidikan. 



Bagi anda yang ingin menginstal data aplikasi tersebut , berikut cara instal aplikasi pendataan diknas pada laptop, notebook  atau komputer baik menggunakan windows XP, Windows Seven (7):
a Jika mendapatkan DVD
b. Masukan DVD, pilih Menu Aplikasi Pendataan. Kemudian pilih setup.exe
c. Install hingga selesai
d. JIka Mendownload/mengcopy dari Kabupaten/Kota
e. Pilih setup.exe f. Install hingga selesai
g. Setelah selesai installasi, maka silahkan isi Nama Lengkap, Email, Password dan Kode Registrasi Sekolah h. Setelah registrasi berhasil, maka di dalam aplikasi terdapat data awal Sekolah dan data awal PTK yang bersangkutan.


 Jika aplikasi gagal di instal kemungkinan ada kekurangan atau kesalahan dalam data seperti informasi yang kami langsir dari situs resmi pendataan diknas bahwa ada 2 kasus :

 kasus 1 

a. Karena sudah terinstall aplikasi versi lama. Pastikan sebelum install aplikasi baru, aplikasi sebelumnya harus berhasil di uninstall.
b. Uninstall Aplikasi Adobe Air
c. Hapus Folder di C:Program Files Aplikasi Pendataan
d Untuk Windows 7 dan Vista
e Hapus C:Users:[user yang dipakai]:AppData: Roaming:id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
f. Untuk Windows XP Hapus C:Documents and Settings[user yang dipakai]-Application Data-id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
 g. Baru kemudian install aplikasi yang baru (versi 1.0.12)

 kasus 2

biasanya kegagalan aplikasi terjadi di beberapa kasus :
a. sudah terinstal aplikasi pendataan sebelumnya solusi : uninstall terlebih dahulu aplikasi yang existing, hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi
b. menggunakan koderegistrasi kkdatdik dalam keadaan offline solusi : jika menggunakan koderegistrasi kkdatadik sebaiknya dalam keadaan online, catatan penting aplikasi dengan menggunakan koderegistrasi kkdatadik hanya untuk upload data sekolah tidak untuk mengentri data
c. menggunakan OS XP dibawah 64 bit solusi : uninstall aplikasi tersebut hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi jika masih gagal/tidak bisa di uninstall hapus langsung foder c:aplikasi pendataan
d. di block oleh antivirus solusi : pastikan antivirus di koputer anda dalam keadaan tidak aktif, matikan fungsi antivirus kalau perlu uninstall antivirus tersebut
e. salah kode registrasi solusi : pastikan kode registrasi itu sesuai yang tertera di daftar kami, sebaiknya copy paste saja, khawatir salah ketik, sebab sering tertukar antara 0 dengan o (nol dengan huruf o)

Untuk lebih jelas mengenai proses instal aplikasi data diknas silahkan lihat video tutorial  dengan cara download tutorial klik link berikut Penginstallan Aplikasi Desktop (Video) 

4.5
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar