--> Skip to main content

Puisi Sumpah Pemuda 2012 | Kumpulan Puisi Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda  merupakan salah satu momen penting bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945

Kita sebagai generasi penerus harus bangga terhadap semua jerih payah para pemuda yang mempunyai tekad kuat untuk mengikrarkan sebuah sumpah yang menjadi sebuah komitmen warga Indonesia. Dari momen inilah bangsa Indonesia di satukan untuk menghentikan tindasan para penjajah. Berikut sebuah puisi sebagai bentuk apresiasi terhadap momen peringatan sumpah pemuda 28 Oktober 2012, mudah - mudahan bisa menjadi motivasi kita untuk membangun generasi muda yang tangguh dan mempunyai jiwa Nasionalisme.



Semangatmu laksana  pedang
pejuang tangguh setiap perang
nyawamu engkau pertaruhkan
demi sebuah kebebasan

langkahmu tegas penuh keberanian
menumpas segala kejahatan
kebenaran selalu engkau utamakan
tak perduli tahta dan jabatan

Suaramu bagai gelagar petir
di tengah badai kehidupan
yang penuh tantangan

Jiwamu bagai pelangi
ribuan warna satu hati
penegak bendara bangsa
Indonesia raya tercinta

28 Oktober kami peringati
bukti Nasionalisme  kami
Pada Negeri Ibu Pertiwi
Indonesia Harga Mati

By. Rozat Rifai
.4.5
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar