--> Skip to main content

Seni Budaya Klenengan

Klenengan - Klenengan merupakan salah satu budaya indonesia yang berasal dari pulau jawa. Klenengan merupakan serangkaian alat musik tradisional yang di kolaborasikan menjadi satu. alat musik klenengan ini di gunakan untuk mengiringi nyanyian dari seorang penyanyi yang di sebut sinden. nyanyian atau lagu dalam bahasa jawa yang di iringi klenengan adalah langgam atau bowo.

Klenengan zaman dahulu di pakai untuk hiburan pada upacara adat di kerajaan. Sampai sekarang klenengan masih di pakai untuk hiburan pada acara hajatan pernikahan , khitanan dan lain - lain khususnya untuk masyarakat jawa. hal ini membuktikan bahwa budaya klenengan merupakan budaya indonesia yang harus di jaga kelestariaanya agar tidak di klaim oleh negara lain.

seni budaya klenengan biasa di kolaborasikan dengan pagelaran wayang kulit yang menjadikan suasana lebih tentaram. apabila kita mendalami setiap alunan klenengan yang di mainkan pasti kita merasa hidup dalam suasana kerajaan. satu rangkaian klenengan terdiri dari kenong,kendang, saron, gong, centhe, rebab dan lain - lain.banyak sekali grup klenengan yang ada di indonesia yang tergabung dalam karawitan komplet.

Hidup dengan seni akan indah, hidup dengan agama jadi terarah, hidup dengan ilmu akan mudah.... meruapakan suatu rangakaian kehidupan yang di dalamnya terdapat unsur seni yang membuahkan hasil dengan sastra yang tinggi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar