--> Skip to main content

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang

Universitas Diponegoro (Undip) adalah salah satu Perguruan Tinggi di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip.

Visi:
  • Pada tahun 2020, Undip merupakan Universitas Riset yang unggul

Misi:

  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang mempunyai keunggulan kompetitif, komparatif secara internasional dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi serta kepemilikan Hak Atas Kekayaan Intelektual sebagai upaya pengembangan ilmu, teknologi dan seni dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Meningkatkan profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas dan tata kelola serta kemandirian penyelenggaraan perguruan tinggi.
Pada tahun ajaran baru 2012 Undip juga membuka pendaftaran mahasiswa baru baik dari jalur Snmptn maupun jalur lain. Pendaftaran Ujian Mandiri tahun 2012 akan dibuka 8 - 19 Juli 2012. Seleksi Ujian Mandiri ini adalah seleksi mahasiswa strata I (S1) di Universitas Diponegoro selain melalui jalur SNMPTN (Jalur Undangan dan Ujian Tertulis) dan PSSB Kemitraan.

Seleksi Ujian Mandiri ini juga menjaring mahasiswa yang lulusan D-III untuk melanjutkan di Strata I (S1). Secara umum persyaratan Ujian Mandiri adalah sebagai berikut:



  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2012, 2011 dan 2010.
  • Memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi.
  • Untuk kelompok lanjutan Diploma III harus memilih PS yang sejalur.
4.5
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar