--> Skip to main content

Tips Mencegah Bencana alam banjir

Beberapa hari terakhir banyak diberitakan di berbagai stasion televisi dan sosial media mengenai bencana alam yang telah terjadi di pusat kota Jakarta. Cuaca yang buruk akibat pengaruh cuaca ekstrim yang tak menentu mengakibatkan tingkat intensitas hujan meningkat.

Bencana banjir di jakarta sudah biasa namun bencana yang terjadi belakangan ini mengakibatkan perekonomian di jakarta menjadi melemah, pasalnya jalan yang biasa di lalui oleh masyarakat tergenang sehingga menggangu aktivitas  yang biasa di lakukan.

Pada postingan ini saya akan sedikit membahas mengenai tips mencegah bahaya banjir, Seperti kata pepatah " Sedia payung sebelum hujan" merupakan sebuah kata yeng mempunyai makna yang tinggi , ketika hujan kita baru mencari payung itu salah satu tindakan yang respontif namun jika sebelum hujan kita sudah sedia payung maka perjalanan kita akan lancar.

 image from kompas.com

Banjir yang terjadi di Indonesia merupakan ulah tangan manusia itu sendiri selain kurang menyadari akan pentingna sebuah kebersihan . Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda keluar dari masalah banjir.

  • Membersihkan selokan di sekitar kita agar saluran air menjadi lancar.
  • Menyediakan tempat peresapan di sekitar rumah sehingga air bisa meresap kedalam tanah
  • membuah sampah pada tempatnya. 
  • melakukan reboisasasi / Penghijauan
  • Tidak membangun bangunan di tepi sungai sehingga kapasitas sungai menjadi sedikit sehingga sungai tidak bisa memuat kapasitas dan debit air meningkat.
Mudah mudahan tips di atas bisa memberikan inspirasi untuk kita semua agar tidak merusak lingkungan 
sekitar kita.4.5
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar