--> Skip to main content

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Tak terasa kita  sudah dekat dengan puasa ramadhan 1434 H, Salah satu bulan yang sangat dinanti oleh seluruh Umat ISlam di penjuru dunia. Tapi sebelum memasuki bulan ramadhan maka di dahului dengan bulan syakban. Pada bulan syaban ini banyak sekali memiliki keutamaan  Sperti hadist dibawah ini : 

ذاكَ شهر تغفل الناس فِيه عنه ، بين رجب ورمضان ، وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين، وأحب أن 
يرفع عملي وأنا صائم -- حديث صحيح رواه أبو داود النسائي


Terjemahan :
Bulan Sya'ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa'i)



Selain itu pada bulan syaban juga ada istilah nisfu syaban yang di peringati pada tanggal 15 syaban, malam nisfu syaban juga mempunyai keutamaan yang sangat besar karena pada malam nisfu syaban ini dua malaikat pencatat amalan keseharian manusia, yakni Raqib dan Atid, menyerahkan catatan amalan manusia kepada Allah SWT, dan pada malam itu pula buku catatan-catatan amal yang digunakan setiap tahun diganti dengan yang baru. 

Malam Nishfu Sya’ban dan seluruh bulan adalah saat yang utama dan penuh berkah, maka selayaknya seorang muslim memperbanyak aneka ragam amal kebaikan. Doa adalah pembuka kelapangan dan kunci keberhasilan, maka sungguh tepat bila malam itu umat Islam menyibukkan dirinya dengan berdoa kepada Allah Subhanahu wata’ala terlebih-lebih bulan yang dibulan say'ban dan romadhon nantibulan nifsu

 sya'ban4.5
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar