--> Skip to main content

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 | Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Tingkat Provinsi Sumbar yang diselenggarakan di Nagari Kotopadang, Kabupaten Dharmasraya

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 | Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Tingkat Provinsi Sumbar yang diselenggarakan di Nagari Kotopadang, Kabupaten Dharmasraya - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Tingkat Provinsi Sumbar yang diselenggarakan di Nagari Kotopadang, Kabupaten Dharmasraya. Acara yang berlangsung meriah ini menjadi antusias Ribuan pengunjung tumpah ruah menyaksikan acara yang dibuka Menteri Agama Suryadharma Ali, sekitar pukul 14.30. MTQ diharapkan menjadi momentum mengajak generasi muda khususnya, untuk kembali memahami dan mengamalkan kandungan Al Quran sehingga terhindar dari krisis moral.

”Dengan memahami dan mengamalkan kandungan Al Quran, generasi muda juga akan terhindar dari hal-hal berbau penyakit masyarakat, maksiat dan lain sebagainya,” ujar Menag Surya Dharma Ali pada pembukaan MTQ yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Dharmasraya Adi Gunawan dan Wakil Bupati Syafruddin R, Ketua DPRD Rudi Hartono, Kapolres Dharmasraya AKBP Chairul Aziz, para bupati dan wali kota se-Sumbar, pimpinan SKPD, tokoh masyarakat dan pemuda.

MTQ juga merupakan momen untuk semakin membangun masyarakat yang berkarakter dan berbudaya luhur, serta mengembangkan tradisi mengaji. ”Kepada umat Islam, khususnya warga Sumbar agar lebih meningkatkan tradisi membaca Al Quran, terutama kepada anak-anak. Apalagi, Pemerintah Provinsi Sumbar juga telah menggerakkan Maghrib Mengaji. Dengan demikian, diharapkan masyarakat Sumbar akan menjadi masyarakat yang Qurani,” kata Suryadharma Ali.

Gerakan Maghrib Mengaji jika diterapkan di rumah, kata Menag, banyak dampak positifnya. ”Akan semakin menambah wawasan anak, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta bisa makan malam bersama anak-anak sehingga anak-anak tidak lagi keluyuran,” jelas ketua umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), itu.

Pembukaan MTQ tersebut dihadiri puluhan ribu pengunjung. Pembukaan MTQ diawali pelepasan pawai Taaruf oleh Adi Gunawan. Sementara pembukaan ditandai pemukulan beduk oleh Surya Dharma Ali. Tarian massal ratusan siswa STP dan STA se-Dharmasraya juga tampak memeriahkan pembukaan MTQ.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar